Tips Merawat Mobil Yang Jarang Di Gunakan

Tips Merawat Mobil Yang Jarang Di Gunakan

Bisa jadi anda merupakan salah satu dari beberapa orang yang sangat sibuk, dan waktu anda lebih banyak terkuras baik di luar negri maupun luar kota. Hal ini mengakibatkan kendaraan pribadi yang anda miliki dirumah kediaman anda akan menjadi jarang untuk terpakai.

Dan mungkin saja, selama anda berada diluar rumah kendaraan pribadi anda jarang terurus dan terkesan tidak tersentuh sama sekali. Kami dari akan sedikit memberikan tips merawat mobil tidak terpakai dan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, agar kendaraan pribadi anda tetap selalu dalam kondisi prima meskipun lama dalam keadaan tidak terpakai.

Untuk langkah pertama yang saya anjurkan adalah anda harus melakukan pencucian terlebih dahulu sebelum anda meninggalkan mobil anda saat akan berpergian dalam kurun waktu yang cikip lama, pencucian dilakukan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang terdapat pada bagian-bagian mobil agar tidak mengeras.

-> Coba perhatikan antara posisi rem , jika pada saat anda tinggalkan berada di posisi tidak terbebas, maka posisi rem pada tangan bebaskan, jika hal ini tidak anda lakukan dan sengaja anda biarkan (dalam keadaan rem tangan “on” dalam kurun waktu yang cukup lama), maka hal ini akan berakibat kelengketan antara minyak dengan pinggiran rem (hal ini sangat harus anda perhatikan jika kendaraan yang anda miliki mempunyai tromol di roda belakang.

-> Jika anda mempunyai orang kepercayaan yang berada di rumah, maka sebaiknya anda meletakan kontak mobil pribadi anda di rumah, dan meminta tolonglah terhadap orang ke[ercayaan anda untuk memanasi mesin mobil anda setiapa hari.

-> Tips merawat wiper, ganjal wiper yang menempel dengan busa/kayu, bila hal ini tidak anda lakukan maka akan berakibat pengerasan pada karet wiper. Ini di sebabkan bila wiper bersentuhan dengan kaca mobil dalam kurun waktu yang lama, maka karet wiper anda akan menjadi kaku (sering disebut juga kater mati).

-> Bila tempat parkir mobil kendaraan anda datar, maka ada lebih baiknya anda mengusahakan agar keempat ban mobil anda dalam keadaan mengangkat dan tidak menempel pada tanah, cukup mengunakan dongkrak dan stand-jack. Hal ini bertujuan untuk menjaga suspensi mobil agar tetap terjaga, karena biasanya mobil yang lama tidk digunakan dan dibiarkan begitu saja makan suspensi mobil tersebut akan naik-turun. dan saat anda akan mengunakannya kembali maka anda akan merasakan ketidak nyamanan.

-> Bila tempat parkir kendaraan mobil anda miring/tidak datar maka hal yang harus anda lakukan adalah menganjal keempat ban dengan balok/benda keras lainnya, hal ini dilakukan karena posisi rem terlepas (bahasan di atas) dan ganjalan balok tersebut sebagai penompang agar tidak berjalan mengelindir.

-> Tips merawat aki,  bila anda meninggalkan mobil anda lebih dari kurun waktu 2 minggu, sebaiknya nada melepaskan aki pada mobil anda. Aki mobil sangat sensitif, jika kendaraan anda sama sekali tidak dinyalakan dalam urun waktu lebih dari 2 minggu maka akan berpengaruh pada akinya sendiri (aki menjadi soak).

Demikian tips-tips dari kami Info otomotif Terbaru yang dapat kai posting pada kesempatan kali ini, semoga artikel yang kami posting dapat menambah rasa kepedulian anda terhadap kendaraan pribadi anda.

 

Tips Merawat Mobil Yang Jarang Di Gunakan
Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *