Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Pakai Kontrasepsi IUD

Kontrasepsi IUD mungkin adalah diantaranya kontrasepsi yang mungkin dipikirkan wanita semenjak dini. Sebab, IUD adalah alat kontrasepsi yang disangka cukup terjamin bagi sebagian besar wanita dan mereka juga bertahan lama daripada sebagai obat mencegah kehamilan.

Sayangnya, masih cukup banyak wanita yang tak mengerti tentang kontrasepsi ini. Oleh karna itu, mari kita lihat beberapa fakta tentang kontrasepsi IUD di bawah ini!

Apa itu IUD?

IUD, kependekan dari “perangkat intrauterine”. Wujudnya menyerupai dengan “T” dan sedikit segi sekitar 3 cm. IUD hendak dipasang di rahim dan menjauhi kehamilan dengan menghapuskan sperma untuk menggapai dan membuahi telur. Peranti kontrasepsi ini dapat menjauhi kehamilan sampai jangka waktu 10 tahun.

Bagaimana Teknik Bekerja dari IUD?

Pada dasarnya, IUD kontrasepsi terdiri dari dua jenis, yaitu IUD hormonal dan non-hormonal. Hormonal IUD bekerja dengan membebaskan hormon progestin sedikit demi sedikit tiap hari. Hormon ini selanjutnya hendak merekatkan campuran di leher rahim akibatnya sperma jadi kurang simpel masuk ke dalam rahim.

Jika pembenihan berhasil, hormon ini ingin menipiskan komposisi rahim setelah itu membikin telur yang dibuahi susah ditancapkan. Pemanfaatan IUD jenis ini diprediksi bakal menciptakan bulan kelak satu wanita yang begitu ringan.

Singkat, IUD non-hormonal ada kumparan tembaga di sekitarnya. Tembaga ini hendak membuahkan zat yang mengundang peradangan di rahim yang selanjutnya memusingkan sel sperma dan telur beberapa ketika saat sebelum keduanya bebas bertemu. Namun, pemanfaatan IUD jenis ini diperkirakan membuahkan bulan-bulan yang lebih berat.

Bisakah IUD Benar-benar Selamatkan Kehamilan?

Cites NHS UK, sepanjang ini IUD ialah diantaranya kontrasepsi yang paling efektif tak cuma implan. Kurang dari 1 dari 100 pengguna, alias lebih dari 99 persen, efektif untuk mengamankan kehamilan.

Berapa Lama Efektivitasnya Bertahan? Hormonal IUD

mampu menolong kehamilan sampai lima tahun, IUD tembaga dengan cara singkat mampu menjauhi kehamilan sampai-sampai 10 tahun. Kalau satu orang wanita berumur 40 tahun ke atas pada dikala memasang IUD, itu dapat dibungkam sampai menopause atau ditafsirkan apabila ia tak lagi menginginkan kontrasepsi.

Cara Menginstal Teknik IUD? Apakah Sakit?

Seorang dokter yang menggenapi syarat atau juru rawat yang kompeten rata-rata ingin memastikan Kalian tak hamil disaat memasangnya. Kemudian, mereka bakal menginformasikan fase pemasangan momen IUD saat sebelum proses pemasangan.

Sepanjang proses instalasi ada rasa yang sungguh-sungguh buruk dan Kalian diizinkan untuk minum obat penghilang rasa sakit separuh jam sebelumnya. Subjeknya ialah lantaran IUD harus dimasukkan ke dalam rongga rahim, dengan cara singkat pintu masuk ialah leher rahim dalam bentuk lorong sempit. Oleh karna itu, XeK6K, dokter hendak menggunakan support spekulum untuk menahan leher rahim terbuka sepanjang proses pemasangan IUD. Proses ini cuma menginginkan waktu sekitar 5-10 menit.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menginstal IUD? IUD

dapat diinstal kapan saja apakah pada waktu yang hendak datang dalam sebulan atau tidak. Bila dipasang dikala menstruasi, maka yakinkan seseorang wanita tak hamil. Instalasi lebih simpel dan tak terlalu menyakitkan pada saat dicoba pada saat datang berbulan-bulan karna pada saat haid kondisi leher rahim terbuka. Bahkan, spesialisasi instalasi pada saat Kalian tak datang bulan ialah membikinya lebih sederhana untuk melihat kala ada infeksi.

Dapatkah IUD Diinstal Sesudah Melahirkan? IUD

dapat dipasangkan 48 jam sesudah pengiriman. Namun, IUD juga dapat diinstal 6-8 minggu sehabis pengiriman.

Apakah IUD Pengaruhi ASI?

Kabar bagusnya ialah apabila pemasangan IUD tak pengaruhi ASI. AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Kandungan) yaitu IUD cuma memberikan efek pada rahim saja, jadinya tak pengaruhi bagian lain dan produksi ASI.

Berapa Biaya Instalasi IUD?

Karna dapat menjauhi kehamilan untuk jangka waktu yang lama, alhasil harga pemasangan IUD relatif lebih mahal daripada KB suntik dan pil. Harap dicatat jika biaya ini cuma dikenakan sekali dalam kisaran 5 sampai-sampai 12 tahun penggunaan.

Di tempat sakit, harga pemasangan IUD bisa meraih lebih dari Rp 500. 000, dengan cara singkat di puskesmas bisa jauh lebih murah sampai titik gratis, tergantung diskresi pemerintah daerah yang bersangkutan. Harga ini bermacam-macam tergantung pada merek, jenis, dan biaya dokter.

Apakah Ada Efek Samping dari IUD Kontrasepsi?

Dalam IUD non-hormonal, efek samping yang senantiasa muncul ialah lebih banyak datang bulan dan lebih banyak rasa sakit. Dengan Cara singkat dalam IUD hormonal yang terjadi sebaliknya, yaitu datang bulan alhasil tak teratur itu bukan datang bulan sama sekali. Tak cuma itu, keutih dan bintik-bintik juga bisa muncul. Namun, keberatan ini dapat dihancurkan dengan sendirinya bersama dengan adaptasi tubuh kita terhadap IUD.

Jika Belum Mempunyai Anak, Bisakah Kalian Menginstal IUD?

Jika Kamu ingin memanfaatkan IUD melainkan tak mempunyai anak, itu diperbolehkan. Namun, lantaran rahim wanita yang belum luang melahirkan diet yang lebih kecil dari mereka yang sudah ada anak, pada hakikatnya mungkin saat IUD keluar sendiri.

Jika Ingin Hamil Lagi, Berapa Lama Kalian Bisa Kembali Subur?

Setelah IUD dikeluarkan dari rahim, Kamu cepat subur lagi.

Lalu, Apakah Berguna “Jeda Periode” di Rahim kala Ingin Memakai IUD?

Kita dapat menghilangkan IUD lama dan menginstal yang anyar di dalam rahim. Permasalahan ini lantaran risiko infeksi lebih kecil daripada meluncurkan dua prosedur terpisah. Tak cuma itu, proses pelepasan dan pertukaran dengan kiat juga direkomendasikan karna dikhawatirkan apabila ada jeda, seseorang wanita mungkin hamil.

Sumber : tundakehamilan.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *